Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2017, 17:27 WIB

KOMPAS.com - Program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) kini semakin banyak dipilih oleh pasangan suami istri yang tidak dapat mengalami kehamilan alami.

Pasutri di Indonesia yang memilih IVF terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015 saja terjadi peningkatan program bayi tabung mencapai 25 persen dari tahun sebelumnya.

Tren yang meningkat tersebut antara lain disebabkan meningkatnya jumlah kelas menengah di Indonesia. Selain itu, biaya program IVF juga semakin terjangkau.

Berikut adalah beberapa perkiraan biaya IVF di beberapa klinik dan rumah sakit penyedia layanan bayi tabung di Indonesia.

- Klinik Morula IVF RS Bunda Jakarta
Mulai Rp 50 juta

- Klinik Yasmin RSCM Jakarta
Mulai Rp 45 juta

- Klinik Melati RSIA Harapan Kita Jakarta
Mulai Rp 66 juta

- Klinik Aster RS Hasan Sadikin Bandung
Mulai Rp 49 juta

- Klinik Daya Medika Kedoya Jakarta
Mulai Rp 39,5 juta

- RS Dr Soetomo Surabaya
Mulai dari Rp 40 juta

Biaya tersebut dimulai dari stimulasi sel telur sampai dengan transfer embrio. Perlu diketahui bahwa biaya bayi tabung pada setiap pasangan bisa berbeda-beda, tergantung pada usia pasutri, serta kondisi organ reproduksi, sel telur atau sel sperma. Semakin muda usia pasangan, biasanya biaya akan semakin murah karena obat-obatan hormonal yang digunakan semakin sedikit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com