Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Seseorang Memiliki Gangguan Kalap Makan

Kompas.com - 27/02/2017, 19:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Makan secukupnya dan bergizi seimbang adalah anjuran pola makan yang sehat. Tapi pada beberapa orang yang mengalami gangguan makan dengan kalap atau binge eating disorder, mereka tidak bisa mengontrol asupan makannya.

"Orang dengan binge eating, dalam waktu dua jam itu bisa makan banyak banget. Enggak bisa stop," terang psikolog dari Klinik LightHOUSE, Naomi Ernawati Lestari.

Saat tidak merasa lapar pun mereka akan makan banyak sampai akhirnya sangat kekenyangan. Ketika mengalami episode makan yang tidak terkontrol, orang yang mengalami kalap makan ini biasanya akan merasa bersalah telah makan terlalu banyak.

"Dia merasa bersalah, tetapi tidak melakukan apa-apa. Saking stresnya malah makan lagi," terang Naomi.

Mereka juga terkadang suka menyembunyikan makanan di tempat tidur atau mengambil makanan di kulkas secara diam-diam. Menurut Naomi, hal itu karena mereka takut ketahuan orang lain bahwa memiliki kebiasaan makan yang sangat berlebihan.

Ciri-ciri lainnya, mereka juga khawatir makan bersama orang lain, karena takut diejek suka makan sangat banyak. Bila siklus kalap makan selalu terjadi, tak tertutup kemungkinan bisa menjadi obesitas.

Kalap makan bisa disertai dengan bulimia, misalnya memuntahkan makanan setelahnya karena merasa bersalah telah makan banyak.

Orang yang memiliki gangguan makan ini juga rentan mengalami depresi karena merasa malu, merasa tidak berharga, mudah tersinggung, hingga sering cemas.

Gangguan makan dengan kalap lebih banyak dialami perempuan dewasa muda. Untuk mengatasinya, bisa dimulai dengan terapi secara psikologis, seperti cognitive behavioral therapy dan interpersonal therapy.

Naomi mengatakan, makan harus secara sadar dengan tahu apa yang di makan, bagaimana rasa makanan, serta tahu kapan lapar dan kenyang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com