Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2017, 10:30 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Rambut merupakan salah satu simbol kecantikan wanita. Rambut yang terawat, bercahaya, dan sehat membuat pancaran aura wanita menjadi semakin menarik.

Namun, sayang sekali banyak wanita yang tidak menyadari sering melakukan sejumlah kebiasaan buruk yang bisa merugikan kecantikan rambut.

Berikut tiga kesalahan yang paling sering dilakukan oleh wanita dalam menata rambut sehari-hari:

Mewarnai rambut di rumah

Menutupi uban dengan melakukan pewarnaan rambut memang tidak sesulit melakukan cat untuk gaya ombre atau highlight. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering mewarnai rambut sendiri di rumah.

Menurut Danielle Alison, penata rambut profesional dari Butterfly Salon Studi di New York, AS, biarkan tenaga berpengalaman yang menata rambut Anda di salon.

Sebab, ada teknik dan perawatan pewarnaan rambut yang kompleks tetapi bermanfaat dalam merawat rambut Anda. Nah, hanya seseorang profesional yang memahami teori tersebut.

Memakai alat penataan rambut elektronik tanpa perlindungan

Rambut Anda harus dicatok atau diluruskan setiap hari agar terlihat lebih rapi dan cantik. Jadi, Anda pun harus menggunakan alat penataan rambut elektronik untuk mengubah rambut sehingga mudah ditata.

Kesalahan yang sering dilakukan banyak wanita adalah tidak mengaplikasikan perlindungan pada rambut dari suhu yang terlalu panas.

Alhasil, rambut Anda jadi kering, kusam, dan rontok.

Mengikat rambut terlalu kencang

Gaya ekor kuda atau ponytail memang merupakan solusi efektif untuk menciptakan penampilan yang rapi dengan cepat.

Hati-hati terlalu sering mengikat rambut dengan gaya ekor kuda bisa menjadikan rambut Anda rapuh.

Allyson mengatakan bahwa ikatan rambut terlalu kencang bisa menciptakan trauma pada helai rambut sehingga menimbulkan masalah kerontokan.

Dia menyarankan untuk melonggarkan ikatan rambut Anda dan jangan setiap mengikat rambut supaya mahkota Anda bisa bebas bernapas sepanjang waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com