Wanita Hamil Jangan Sembarang Pakai Minyak Esensial

Kompas.com - 28/02/2017, 15:02 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Minyak esensial atau sering disebut sebagi minyak asiri adalah minyak yang melewati proses ekstrasi dari tanaman. Minyak ini tergolong kuat.

Umumnya, minyak esensial dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti minyak aromaterapi.

Selain itu, minyak ini juga bisa diencerkan dengan menggunakan base oil untuk pijat atau dimasukkan ke dalam vaporizer sebagai pengharum ruangan.

Minyak esensial pada dasarnya mengandung bahan kimia yang dapat diserap ke dalam tubuh. Namun, tidak berarti Anda bisa secara sembarang pakai minyak ini untuk kecantikan kulit, terutama wanita yang tengah mengandung.

Menurut Rachel Carlton Abrams, MD, seorang pakar holistik bersertifikasi dan penulis buku Bodywise: Discovering Your Body’s Intelligence for Lifelong Health and Healing, setiap minyak esensial yang terjamin aman selalu menuliskan anjuran untuk wanita hamil berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakannya.

Dia menegaskan bahwa sebaiknya wanita hamil tidak menggunakan minyak esensial yang dikonsumsi dengan meminum atau menghirup langsung dari hidung Anda.

Menggunakan minyak esensial sebagai losion atau pengharum air mandi, kata Carlton Abram, masih cenderung aman.

Aura Cacia, seorang peracik profesional minyak esensial menjelaskan secara spesifik bahwa kandungan asil, clary sage, clove bud, hyssop, sweet fennel, juniper berry, marjoram, myrrh, rosemary, sage, thyme, and wintergreen pada minyak bisa membahayakan wanita hamil.

Kandungan yang tidak berbahaya untuk wanita hamil, menurut Cacia, berasal dari tanaman bunga, seperti lavender, rose, and chamomile.

Namun, kedua pakar di atas sangat menyarankan agar wanita hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum menggunakan minyak esensial.



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X