Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Hamil Jangan Sembarang Pakai Minyak Esensial

Kompas.com - 28/02/2017, 15:02 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Minyak esensial atau sering disebut sebagi minyak asiri adalah minyak yang melewati proses ekstrasi dari tanaman. Minyak ini tergolong kuat.

Umumnya, minyak esensial dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti minyak aromaterapi.

Selain itu, minyak ini juga bisa diencerkan dengan menggunakan base oil untuk pijat atau dimasukkan ke dalam vaporizer sebagai pengharum ruangan.

Minyak esensial pada dasarnya mengandung bahan kimia yang dapat diserap ke dalam tubuh. Namun, tidak berarti Anda bisa secara sembarang pakai minyak ini untuk kecantikan kulit, terutama wanita yang tengah mengandung.

Menurut Rachel Carlton Abrams, MD, seorang pakar holistik bersertifikasi dan penulis buku Bodywise: Discovering Your Body’s Intelligence for Lifelong Health and Healing, setiap minyak esensial yang terjamin aman selalu menuliskan anjuran untuk wanita hamil berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakannya.

Dia menegaskan bahwa sebaiknya wanita hamil tidak menggunakan minyak esensial yang dikonsumsi dengan meminum atau menghirup langsung dari hidung Anda.

Menggunakan minyak esensial sebagai losion atau pengharum air mandi, kata Carlton Abram, masih cenderung aman.

Aura Cacia, seorang peracik profesional minyak esensial menjelaskan secara spesifik bahwa kandungan asil, clary sage, clove bud, hyssop, sweet fennel, juniper berry, marjoram, myrrh, rosemary, sage, thyme, and wintergreen pada minyak bisa membahayakan wanita hamil.

Kandungan yang tidak berbahaya untuk wanita hamil, menurut Cacia, berasal dari tanaman bunga, seperti lavender, rose, and chamomile.

Namun, kedua pakar di atas sangat menyarankan agar wanita hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum menggunakan minyak esensial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com