Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2017, 19:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com – Bagi kebanyakan wanita, menstruasi merupakan tamu tak diundang yang datang setiap bulan. Setelah mengalaminya selama bertahun-tahun, Anda mungkin telah memiliki rutinitas tertentu dan merasa tahu segala hal tentang menstruasi.

Dokter Sara Togood menjelaskan, perubahan hormon selama siklus menstruasi mempengaruhi syaraf otak yang bertanggung jawab untuk beberapa fungsi diri Anda, termasuk suasana hati, libido, nafsu makan, rasa gelisah, emosi, rasa sakit, dan kesenangan.

Dia melanjutkan, tubuh setiap orang berbeda, sehingga beberapa  orang mungkin lebih sensitif saat menstruasi.

Berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh wanita saat menstruasi.

1. Melakukan waxing

Jaime Knopman, MD, menjelaskan bahwa sebaiknya Anda tidak melakukan waxing pada tubuh kala menstruasi. Sebab, pada masa tersebut, kulit menjadi lebih sensitif sehingga rasa sakit waxing pun berlipat ganda.

2. Tidak menggunakan pelindung saat berhubungan seks

“Darah merupakan media yang baik untuk virus sehingga bisa terjadi penularan HIV pada saat menstruasi. Selain itu, leher rahim sedikit melebar dan mempermudah untuk terjadinya kanker serviks,” kata Knopman.

Lalu, kehamilan ternyata bisa terjadi saat sedang menstruasi, terutama untuk wanita yang periode menstruasi yang teratur.

3. Menggunakan pembalut lebih dari empat jam

Lebih baik ganti pembalut setiap tiga atau empat jam penggunaan. Menurut Dr Angela Jones, seorang dokter kandungan, jangka waktu ini dapat mengindarkan bagian privat Anda dari bau dan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

4. Kurang tidur

Tidur memang penting, apalagi saat Anda menstruasi. Jika wanita yang sedang menstruasi kurang tidur, maka hormon stres akan meningkat dan hormon tubuh yang berfungsi dalam meregulasi menstruasi akan berantakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com