Ibu Tangguh Tahu 4 Langkah Lindungi Keluarga dari Demam Berdarah

Kompas.com - 02/03/2017, 17:00 WIB
Dian Sastrowardoyo dan Dra Tika Bisono mendukung penuh gerakan Balikkan Ember. Dian Sastrowardoyo dan Dra Tika Bisono mendukung penuh gerakan Balikkan Ember.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Lebih dari sebelum-sebelumnya, keberadaan ibu tangguh semakin dibutuhkan dalam keluarga saat musim hujan tiba. Sebab, ibu tangguh adalah komandan yang melindungi kesehatan anak-anak dan keluarga dari penyakit seperti demam berdarah.

Nah, apa saja perintah yang harus dikeluarkan oleh ibu tangguh untuk melindungi keluarga dari nyamuk Aedes Aegepty?

Dra Tika Bisono, MPsi, Psikolog dan Duta Demam Berdarah Nasional, yang menjadi pembicara dalam acara Konferensi Media: Gerakkan “Balikkan Ember” di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (2/3/2017) berkata bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

“Jorok itu nggak harus sampah, tetapi tumpukan juga. Misalnya, gudangnya rapi tidak? Apakah bisa dipel? Kalau gudangnya saja sudah bersih pasti rumahnya juga bersih,” ucap Tika.

Lalu, dia juga menyarankan untuk menjaga kebersihan tempat sampah. Jangan sampai tempat sampah Anda menjadi bau atau berubah warna sehingga semua orang malas untuk membuang pada tempatnya.

Ketiga, semprot rumah dengan obat nyamuk sebelum matahari terbenam. Tika mengajarkan untuk menyemprotnya dari kolong karena obat nyamuk lebih ringan dari udara dan akan naik ke atas. Setelah disemprot, tutup rumah dengan rapat.

Terakhir, hindari kemungkinan air untuk menggenang, sekalipun air tersebut bersih. Caranya adalah dengan membalikkan semua ember atau wadah yang ada di rumah saat sudah tidak dipakai.

“Demam berdarah itu jentiknya di air bersih, bukan air kotor. Air kotor malah tidak mau (nyamuknya). Kita saja kalau melahirkan mencari rumah sakit yang bersih,” kata Tika.

Sebenarnya, membalikkan ember adalah sebuah perilaku sederhana yang bisa dilakukan di mana saja, tetapi efeknya sangat signifikan dalam mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan hal ini.

Baygon mengajak para ibu tangguh Indonesia untuk bergabung dalam gerakan Balikkan Ember ini dan membangun kesadaran akan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Unggah foto Anda menginjak ember dengan posisi terbalik ke media sosial dengan tagar #Balikkan Ember.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X