7 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Jantung

Kompas.com - 03/03/2017, 16:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah mendengar bahwa penyakit jantung masuk dalam daftar lima besar pembunuh pria dan wanita. Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan merokok merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Berita bagusnya? Sebagian besar penyakit jantung dapat dicegah dan dikelola melalui diet dan perubahan gaya hidup. Tapi mengetahui apa yang paling penting untuk Anda fokuskan, juga penting.

Apakah diet atau berolahraga? Inilah yang benar-benar penting menurut para ahli untuk menjaga jantung tetap dalam kondisi prima.

1. Kolesterol Bukan Musuh

Bertentangan dengan apa yang telah dengar, kolesterol dalam makanan (dikenal sebagai kolesterol makanan) tidak selalu meningkatkan tingkat kolesterol darah.

Bahkan, studi terbaru menemukan bahwa untuk sebagian besar orang, diet kolesterol memiliki sangat sedikit, jika pun ada, dampaknya pada kadar kolesterol darah.

Rekomendasi untuk membatasi kolesterol makanan dihapus dari USA Dietary Guidelines 2015. Yang benar-benar memengaruhi tingkat kolesterol darah adalah campuran dari lemak dan karbohidrat dalam pola makan Anda, bukan jumlah kolesterol yang Anda makan dari makanan, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston.

Jadi, telur dan udang bisa kembali pada menu!

2. Lemak Bisa Jadi Teman

Lemak "buruk" atau lemak jenuh dan lemak trans masih perlu dibatasi sebanyak mungkin. Tapi, lemak tak jenuh yang sehat seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan alpukat, adalah baik untuk kesehatan jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X