Kompas.com - 06/03/2017, 20:47 WIB

KOMPAS.com - Anda tentu sudah tahu bahwa merokok berbahaya untuk kesehatan paru-paru. Tapi, tahukah Anda bahwa merokok juga dapat meningkatkan risiko darah tinggi dan penyakit jantung?

Nikotin yang terkandung dalam rokok adalah penyebab masalah terbesar. Nikotin meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, menyempitkan pembuluh darah dan membuat darah lebih mungkin untuk membeku. Ini akan menekan jantung Anda dan meningkatkan risiko serangan jantung serta stroke.

Jika sampai saat ini Anda masih merokok, mulailah membuat rencana stop merokok sebagai prioritas, demi menyelamatkan hidup.

Adapun bagi Anda yang bukan perokok, jangan lupa bahwa perokok pasif pun memiliki risiko kesehatan.

Bagaimana berhenti merokok

Selain keinginan yang kuat, dukungan dari sekitar juga diperluan untuk menyukseskan rencana berhenti merokok. Berikut tips stop merokok yang bisa dilakukan:

1. Pilih tanggal untuk berhenti merokok. Sampaikan hal ini pada dokter Anda.

2. Tuliskan alasan berhenti merokok. Kemudian, bacalah alasan ini setiap hari.

3. Tuliskan apa yang memicu Anda merokok? Apakah hanya dalam situasi tertentu? Apakah saat bersama orang tertentu? Ataukah ketika Anda emosi?

4. Buat daftar aktivitas yang bisa dilakukan sebagai pengganti merokok. Catat juga ini di ponsel Anda, sehingga Anda bisa terus mengingatnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.