Penyakit Kronik Sebagian Besar Disebabkan Pola Makan

Kompas.com - 08/03/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kesehatan kita sangat bergantung pada apa yang kita makan sehari-hari. Penelitian membuktikan, hampir separuh dari semua kematian akibat serangan jantung, stroke, dan diabetes, disebabkan karena pola makan yang buruk.

Pada tahun 202, sekitar 45 persen kematian karena "penyakit kardiometabolik", termasuk penyakit jantung, stroke, dan diabetes, sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi masyarakat.

Kesimpulan itu dihasilkan dari model yang dikembangkan para peneliti dan juga data dari beberapa hasil survei yang dilakukan pemerintah AS, serta hasil penelitian terkait pola makan.

Pola makan yang tidak sehat akan membuat kita kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, kelebihan garam, gula, dan juga lemak.

Kelebihan konsumsi garam diketahui menjadi penyumbang terbesar pada terjadinya penyakit kronik, diikuti dengan kekurangan konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, terlalu banyak mengasup daging yang diproses, kurang makan sayur dan buah, serta kelebihan konsumsi minuman bergula.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X