Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin untuk Lindungi Anak dari Infeksi Meningitis

Kompas.com - 11/03/2017, 14:00 WIB

TANYA:
Dok saya ingin bertanya cara melindungi anak dari penyakit meningitis, karena dalam waktu cukup dekat saya mendengar kabar ada beberapa kenalan yang keluarganya meninggal karena meningitis. Saya punya dua anak kembar berumur 5 tahun dan keduanya belum divaksin MMR.

Terus terang dulu saya takut anak saya divaksin MMR karena takut autis. Perlindungan apa yang harus saya berikan pada anak-anak saya ini dok agar tidak tertular penyakit. Terima kasih bantuannya.
Patricia, Cirebon

JAWAB :
Meningitis adalah infeksi/peradangan di selaput otak yang dapat disebabkan oleh beberapa jenis virus/bakteri, diantaranya golongan Haemophylus influeza tipe B (HiB), pnemokokus dan sebagainya.

Jenis kuman seperti HiB dan pneumokokus dapat dicegah dengan vaksin PCV/IPD dan Hib. Sedangkan untuk vaksin MMR (Measle Mumps Rubella) tidak dapat mencegah secara langsung infeksi otak pada pasien.

Selama ini pemberian MMR tidak menimbulkan efek seperti autisme. Maka sebaiknya ibu melengkapi status imunisasi  anak anak ibu sehingga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang dapat mengganggu proses tumbuh kembangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com