Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2017, 08:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com – Banyak yang mengatakan bahwa sinar matahari memiliki efek buruk bagi kulit Anda. Memang benar, maka dari itu setiap kali Anda keluar ruangan, Anda wajib menggunakan tabir surya.

Namun, bukan berarti karena matahari memiliki efek yang berbahaya bagi kulit sehingga Anda menjadi anti dengan matahari. Sebab, matahari juga memiliki manfaat untuk Anda.

Dr Brian Dixon and Dr Elizabeth Tanzi, Founder dan Director dari Capital Laser & Skin Care and Assistant Clinical Professor for the Department of Dermatology di George Washington University Medical Center menjelaskan bahwa sinar matahari menghasilkan vitamin D yang membantu sistem tubuh.

Berikut ini merupakan manfaat dari vitamin D untuk Anda.

1. Menjaga kesehatan rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, Dr Tanzi menegaskan betapa pentingnya mendapatkan vitamin D yang cukup setiap hari. Dr Dixon juga menambahkan bahwa vitamin D sebenarnya ditemukan di dalam folikel rambut yang sehat.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D baik dari matahari, diet, atau pun suplemen yang dikonsumsi.

2. Meningkatkan suasana hati

Manfaat lain dari vitamin D yang Anda konsumsi adalah untuk membantu meningkatkan mood.

Jika merasa stres, Dr Dixon menyarankan Anda untuk pergi keluar selama beberapa menit. Apalagi saat rambut Anda rontok akibat stres, vitamin D akan sangat membantu untuk memperkuat dan mengurangi stres.

3. Menjaga kulit tetap sehat

Vitamin D ternyata juga penting bagi perawatan kulit Anda. Dr Dixon berkata bahwa beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu melindungi kulit dari efek berbahaya.

Beberapa manfaat di antaranya adalah pembaharuan sel, perbaikan jaringan, dan mengurangi peradangan pada kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com