Kompas.com - 20/03/2017, 19:04 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com --Perselingkuhan adalah salah satu masalah yang paling fatal dalam hubungan. Bahkan ketika perselingkuhan sebenarnya tidak terjadi, kecurigaan bisa menjadi racun yang perlahan-lahan membunuh komunikasi, intimasi, dan kepercayaan di antara Anda dan dia.

Jika si dia mencurigai Anda berselingkuh, langkah pertama yang harus diambil adalah memahami bahwa pasangan mungkin saja sedang emosional. Lalu, lakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Ketahui tanda-tanda apa yang mereka takuti

Walaupun sebenarnya tidak melakukan perselingkuhan, mungkin Anda secara tidak langsung memberikan tanda-tanda yang membuatnya khawatir.

Perubahan sikap yang tiba-tiba misalnya, pelatih hubungan Melinda Carver menyarankan Anda untuk menjelaskan kepadanya alasan Anda berubah. 

Selain perubahan sikap, tanda yang mencurigakan lainnya adalah ponsel yang selalu berada di tangan dan merahasikan isi ponsel darinya.

2. Tanyakan apakah dia benar-benar percaya Anda berselingkuh

Setelah menjelaskan perilakunya, Anda harus mencari  tahu hingga akar masalahnya. Apakah si dia merasa tidak percaya diri atau benar-benar percaya bahwa Anda berselingkuh?

Setelah Anda mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, Anda pun akan bisa mengatasi akar masalah atau penyebab dari kurangnya kepercayaan tersebut.

3. Jangan panik

Menghadapi kecurigaan dari si dia, hal paling utama yang perlu diingat adalah Anda tidak perlu merasa panik bila memang tidak berselingkuh. Tangani masalah ini dengan sabar dan kepala dingin hingga selesai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber bustle.com
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.