4 Kondisi Infeksi Parasit Mengintai Anda

Kompas.com - 23/03/2017, 15:15 WIB
Kenampakan Plasmodium falciparum, parasit malaria, dalam pengamatan mikroskop. WikipediaKenampakan Plasmodium falciparum, parasit malaria, dalam pengamatan mikroskop.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ada begitu banyak jenis parasit di dunia dan apakah kita harus memberi mereka perhatian lebih, atau tidak, tergantung pada skenario tertentu, kata Brunilda Nazario, MD, seorang internis dan endokrinologi di New York City.

Dengan kata lain, ada parasit yang "hanya" menganggu dan jarang menyebabkan sakit serius (seperti kutu kepala) atau benar-benar menakutkan karena bisa menyebabkan kematian (seperti amuba pemakan otak).

Mereka semua memiliki kesamaan, yaitu membutuhkan "tuan rumah" untuk bertahan hidup.

Anda dapat terinfeksi oleh parasit hampir dari mana saja. Tapi ada situasi tertentu yang memerlukan perhatian ekstra, yaitu jika:

1. Anda mengunjungi daerah dengan sanitasi yang kurang baik.

" Infeksi parasit lebih umum ada di daerah yang sanitasinya masih belum baik," kata Nazario. Daerah-daerah tersebut sering terkena wabah malaria, yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk. Dari semua infeksi parasit, malaria adalah penyebab kematian yang paling global.

Tentu saja, ini tidak berarti Anda harus menghindari tempat-tempat di mana malaria ditemukan. Anda hanya harus cerdas.

Minum obat antimalaria sebelum, selama dan setelah perjalanan Anda sebagai tindakan pencegahan.

Gunakan losion antiserangga dengan DEET, tidur menggunakan kelambu atau di ruangan ber-AC, kenakan celana dan baju lengan panjang saat fajar dan senja.

Jika Anda merasa sakit setelah pulang ke rumah, pastikan Anda memberitahu dokter tentang perjalanan Anda, sehingga dokter dapat melakukan tes yang sesuai dengan profil kesehatan daerah yang Anda kunjungi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X