Jangan Panik Kala Tercium Aroma Kurang Sedap Usai Seks

Kompas.com - 23/03/2017, 22:27 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mungkin Anda pernah mencium adanya aroma kurang sedap setelah berhubungan intim di sekitar Anda dan pasangan. Jika ya, jangan langsung tidak percaya diri. Sebab, aroma tersebut sangatlah normal dan sama sekali tidak menandakan sesuatu yang jorok.

Menurut Sara Gottfried, M.D., seorang ginekolog, aroma tidak sedap itu hadir karena percampuran sperma dan cairan lubrikasi vagina.

Gottfried mengatakan, sperma itu memiliki pH tinggi dan bersifat basa, sedangkan cairan vagina mengandung pH rendan dan bersifat asam.

Keduanya tidak bisa tercampur rata sehingga menimbulkan reaksi menebarkan aroma kimiawi yang untuk beberapa orang dianggap bau.

Aroma kurang sedap ini, kata Gottfried, juga tetap timbul meskipun pasangan suami istri bercinta menggunakan kondom.

Selain itu, dia juga menambahkan, aroma khas usai bercinta itu juga dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup Anda.

Namun, dia mengingatkan, aroma kurang sedap yang tercium hidung Anda usai bercinta tidak menandakan suatu ketidaknormal. Sebaliknya, hal tersebut sangatlah normal dan sangat umum terjadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X