Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bedanya "Wedding Organizer" dan "Wedding Planner"

Kompas.com - 24/03/2017, 15:01 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Semua calon pengantin yang sudah mulai berbelanja keperluannya pasti sudah tahu bahwa ada yang dinamakan dengan wedding organizer dan ada yang wedding planner.

Lantas apakah perbedaan di antara keduanya?

Rina Gunawan, pemilik Rina Gunawan Wedding Organizer, menjelaskan mengenai perbedaan diantara keduanya dalam konferensi pers Balai Sudirman Wedding Fair (BSWF) 2017 di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

“Jadi wedding planner itu yang merencakanan semuanya. Sebenarnya, untuk cara mengorganisir antara keduanya sama, seperti event organizer juga sama,” ujar Rina .

Akan tetapi, dia melanjutkan, wedding planner juga akan merencanakan segalanya untuk para calon pengantin, mulai dari kapan harus ada pertemuan keluarga, pertemuan dengan vendor, bahkan hingga kapan waktu calon pengantin melakukan perawatan sebelum pernikahan.

Sementara itu, wedding organizer berfungsi untuk membantu Anda dalam merencanakan pesta pernikahan di hari H. 

Menurut Rina, tugas wedding organizer juga tidak kalah banyak. Mereka harus mengatur masalah vendor, mau pun keuangan dan nominal yang harus dikeluarkan para calon pengantin untuk pesta pernikahannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com