CEO Ini Bagikan Rahasianya Pertahankan Karyawan Milenial

Kompas.com - 25/03/2017, 15:33 WIB
Anthony Fung, CEO Zalora Indonesia Anthony Fung, CEO Zalora Indonesia
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Sudah bukan rahasia lagi kalau karyawan generasi milenial lebih suka pindah-pindah kerja daripada senior-seniornya. Mereka bahkan dicap sebagai kutu loncat.

Anthony Fung, CEO Zalora Indonesia, sebelumnya sudah mengungkapkan alasan karyawan milenial suka berpindah-pindah pekerjaan.

(Baca juga: Inilah Alasan Karyawan Milenial Doyan Pindah Kerja)

Kini, pemimpin perusahaan e-commerce yang 80 persen karyawannya adalah generasi milenial ini membagikan rahasianya dalam mempertahankan karyawan milenial.

Menurut Anthony, milenial memiliki beberapa kebutuhan penting dalam bekerja yang wajib dipenuhi oleh atasan yang ingin mempertahankan mereka, yaitu tantangan dan pembelajaran.

“Jadi, mereka selalu berpikir mengenai bagaimana caranya untuk bisa lebih banyak belajar?,” katanya.

Selain itu, milenial juga ingin memiliki pengaruh kepada lingkungannya.

“Mereka (milenial) tidak suka melakukan hal-hal yang tidak memiliki pengaruh. Itulah mengapa tidak banyak milenial yang melanjutkan usaha keluarganya. Mereka ingin memberi pengaruh pada masyarakat dan lingkungan pekerjaannya,” katanya.

Untuk itu, ada dua hal yang harus dilakukan oleh perusahaan yang ingin mempertahankan karyawan milenial.

1. Selalu memindahkan karyawan

Berbeda dengan perusahaan tradisional di mana seseorang akan merintis kariernya di divisi yang sama selama bertahun-tahun, Anthony menyarankan kepada semua perusahaan dengan jumlah karyawan milenial yang banyak untuk selalu memindah-mindahkan karyawannya.

“Di Zalora Indonesia, Anda bisa saja memulai karier sebagai penganalisa data, tetapi nantinya aku mungkin akan memindahkan Anda ke divisi marketing. Lalu, jika Anda masih merasa bosan tetapi ingin tetap berada di Zalora, aku akan memindahkan Anda lagi ke posisi lainnya,” ujarnya.

Dengan demikian, karyawan milenial di Zalora pun akan selalu merasa tertantang dengan lingkungan dan tugas yang baru.

2. Beri mereka tanggung jawab lebih

Anthony berkata bahwa seiring dengan berjalannya waktu, Anda harus memberi karyawan semakin banyak tanggung jawab. “Jadi, karier mereka tidak stagnan, selalu meningkat, dan semakin lama semakin menarik,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X