Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Middleton Buka-bukaan Soal Tantangannya Jadi Ibu

Kompas.com - 25/03/2017, 19:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -- Kate Middleton benar-benar tahu sulitnya menjadi seorang ibu.

Ketika berbicara di sebuah acara kesehatan di London, Inggris, Duchess of Cambridge ini mengungkapkan tantangannya menjadi seorang ibu dan mengajak para ibu lainnya untuk lebih terbuka mengenai kesulitan mereka.

“Tidak ada buku berisi aturan, yang benar dan yang salah, Anda harus bisa mengerti sendiri dan melakukan yang terbaik untuk keluarga. Untuk semua ibu, termasuk diriku, hal ini kadang kala bisa membuat kami merasa tidak percaya diri dan diabaikan,” ujarnya.

Kate lalu bercerita bahwa menjadi seorang ibu bisa menjadi pengalaman yang sangat sulit untuk beberapa wanita. Dua di antara 10 ibu bahkan mengalami gangguan mental selama kehamilan dan setahun setelah melahirkan.

Sayangnya, berbicara mengenai kesulitan mengasuh anak masih menjadi hal yang tabu bagi ibu, walaupun depresi setelah melahirkan (postpartum depression) adalah sesuatu yang nyata.

Oleh karena itu, Kate pun mengajak semua ibu untuk lebih terbuka mengenai penderitaan mereka.

Dia mengatakan, Anda boleh saja berbicara bahwa menjadi ibu adalah sesuatu yang luar biasa, tetapi kita juga harus bicara mengenai stres dan kesulitannya.

“Tidak apa-apa bila Anda ternyata mengalami kesulitan dalam menjadi seorang ibu. Sebab, meminta bantuan seharusnya tidak dilihat sebagai kelemahan,” katanya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com