Kompas.com - 26/03/2017, 11:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Studi yang dilakukan oleh Norway’s Aarhus University di Norwegia menemukan, wanita yang menunda kehamilan hingga usia di atas 35 tahun akan menjadi orangtua yang baik untuk anak-anaknya dan memiliki anak yang cerdas bersosialisasi.

Studi ini melibatkan 4.741 orangtua dari Denmark yang memiliki anak usia 11 hingga 15 tahun.

Studi yang dipublikasikan oleh European Journal of Development Psychology menyimpulkan bahwa ibu yang memiliki anak di usia matang memiliki anak usia tujuh dan 11 tahun dengan minim masalah perilaku.

Para ibu dalam kelompok usia matang, menurut studi, umumnya tidak menerapkan disiplin dengan hukuman fisik pada anak, tetapi efektif memberikan batasan dan aturan yang lebih mendidik pada anak-anak mereka.

Kemudian, para ibu ini juga jarang mengalami konflik emosional saat anak beranjak remaja, sekitar usia 15 tahunan.

Anak-anak dari ibu berusia matang ditemukan peneliti lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Usia matang saat memiliki anak membantu para ibu untuk lebih bijak dalam menangani masalah tumbuh kembang anak-anak.

“Kita tahu bahwa seiring usia orang-orang menjadi lebih fleksibel, toleransi lebih tinggi pada sesamanya, dan mengutamakan keseimbangan emosional pada diri sendiri,” jels Dion Summer, seorang rekan penulis studi.

Gaya pola asuh dengan sikap toleransi tinggi, kata Summer, memberikan kontribusi besar pada perkembangan psikis anak.

Selain emosi yang lebih dewasa, pakar mengatakan, finansial yang stabil dan kepercayaan diri membuat para ibu berusia matang tidak mudah mengalami stres dan kecemasan berkaitan dengan mengasuh anak.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa menurut data yang dirilis oleh National Public Radio (NPR), memiliki anak di usia lebih dari 35 tahun berisiko mengalami komplikasi kehamilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.