Kompas.com - 29/03/2017, 11:36 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi

KOMPAS.com – Semua orangtua tentu mengharapkan anaknya terlahir dan bertumbuh normal. Namun, semuanya dikembalikan lagi kepada Tuhan dengan segala pemberiannya.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa rendah diri ketika memiliki anak yang berkebutuhan khusus. Ingat, mereka tetap membutuhkan kasih sayang yang utuh, bahkan perhatian yang lebih dari Anda dan pasangan.

“Semua bayi terlahir cantik, tetapi (anak berkebutuhan khusus) biasanya baru terlihat di masa pertumbuhannya,” ujar Tika, humas Yayasan Sayap Ibu dalam acara kunjungan Putri Indonesia dan The Sultan Hotel di Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Dia melanjutkan, untuk orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, tentu ada cara tersendiri untuk menanganinya.

“Kalau (orangtua) sulit menangani di rumah, maka bisa melakukan terapi, pendidikan, dan latihan supaya mereka bisa mencoba sendiri,” tambahnya.

Akan tetapi, dalam tantangan seperti ini, Tika berkata bahwa hal utama yang harus dimiliki orangtua adalah rasa yang penuh dengan kesabaran sehingga anak terus mau belajar dan mampu hidup mandiri kelak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.