Kompas.com - 30/03/2017, 21:26 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mandi merupakan ritual umum yang dilakukan banyak orang di dunia, terutama penduduk negara tropis yang harus mandi dua kali untuk menjaga kesegaran dan keharuman tubuh.

Namun, ada satu kesalahan usai mandi yang sering dilakukan kebanyakan wanita. Ternyata, kesalahan ini bisa membahayakan kecantikan kulit di sekitar vagina.

Jason James, M.D, seorang direktur medis dari Miami’s FemCare Ob-Gyn, mengatakan, banyak wanita yang langsung mengenakan celana dalam saat tubuh masih setengah kering usai mandi.

Hal yang demikian, kata James, menyebabkan area organ intim Anda menjadi lembab berlebihan sehingga rentan mengundang jamur.

“Jamur sangat senang berada di lingkungan yang lembab. Jadi, jangan heran jika kulit rentan berjamur saat udara sangat panas,” jelas James.

Biasanya wanita kurang mawas mengeringkan tubuh dengan menyeluruh ketika usai berenang, bermain di pantai, dan setelah berolahraga.

Area intim yang tidak benar-benar kering, jelas James, bisa menciptakan lingkungan tercemar yang mengundang jamur.

“Setiap wanita memiliki jamur dan bakteria di area vagina, tetapi ketidakseimbangan antara keduanya bisa berujung pada infeksi,” pungkasnya.



Sumber Glamour
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X