Alasan Wanita yang Punya Pacar Lebih Ingat Wajah Wanita Cantik

Kompas.com - 31/03/2017, 19:03 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Sebuah studi menyimpulkan bahwa wanita yang sudah memiliki kekasih lebih memerhatikan dan menghafal wajah wanita lain karena naluri kompetitif.

Periset di Abertay University di Dundee memori wanita yang telah memiliki pasangan lebih tajam pada penampilan wanita lain, ketimbang saat status mereka masih lajang.

Para peneliti sampai pada keputusan tersebut setelah bereksperimen pada para wanita yang telah menjalani hubungan asmara jangka panjang.

Responden wanita diminta untuk menilai foto wanita lain. Mereka hanya memiliki waktu selama tiga detik untuk melihat foto tersebut. Kemudian, para peneliti meminta mereka untuk mengingat wajah pada foto tersebut.

Dr Christopher Watkins, ketua penelitian, mengungkapkan, responden wanita yang telah menjalani hubungan jangka panjang mempunyai memori terbaik dalam mengingat wajah wanita lain.

“Kami ingin mengetahui apakah ada hubungan antara memori dengan pilihan personal, betapa penilaian Anda pada hubungan sebelumnya dan bagaimana Anda menilai penampilan orang lain di luar hubungan,” jelas Dr Watkins.

Dia menyimpulkan bahwa status memengaruhi memori wanita ketika mereka melihat obyek lain yang dianggap pesaing dan ancaman untuk hubungan asmara mereka.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Daily Mail
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X