Kompas.com - 03/04/2017, 16:58 WIB
Halima Aden, finalis berhijab pertama dari Minnesota dalam kontes kecantikan Miss USA. www.missuniverse.comHalima Aden, finalis berhijab pertama dari Minnesota dalam kontes kecantikan Miss USA.
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Mantan model dan mantan kontestan Miss USA, Halima Aden (19), mencetak sejarah karena menjadi finalis pertama yang mengenakan hijab.

Hadir sebagai minoritas dalam sebuah kontes kecantikan di negara Adikuasa tidak membuat Aden gentar dan tidak percaya diri.

Sebaliknya, Aden justru merasa bangga karena berbeda dan mengenakan penutup kepala sekaligus hijab.

“Ada persepsi yang salah pada wanita muslim yang berhijab. Banyak orang menganggap hijab sebagai bentuk penindasan. Aku ingin menjelaskan semuanya itu salah,” ujar Aden.

Tumbuh dan besar dalam keluarga muslim, Aden selalu mengagumi ibunya yang juga berhijab. Dia bahkan ingat bahwa sewaktu kecil ingin terlihat secantik sang ibu berbalut hijab.

Tantangan terbesar Aden justru datang ketika dia mulai bersekolah. Seluruh teman-temannya sering mengejek dan mencela penampilannya.

Akhirnya, Aden sempat memutuskan untuk melepaskan hijab agar lebih diterima oleh teman-teman sekolahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hal yang terjadi adalah aku merasa kehilangan identitas. Aku merasa asing dengan diriku sendiri,” imbuhnya.

Berjuang memiliki identitas, kata Aden, justru membuatnya semakin dekat dengan Sang Pencipta dan dia pun menjadi lebih mencintai diri sendiri.

“Aku akan terus merasa bangga dengan budaya muslim dan Islam, tak peduli apa yang orang lain pikirkan atau ucapkan,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber today.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.