Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2017, 17:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com -- Ada begitu banyak konsep pernikahan di Indonesia. Namun, salah satu konsep yang sedang naik daun saat ini adalah nuansa Islami.

Bahkan, Rina Gunawan,  Owner Rina Gunawan Wedding Organizer, memprediksikan bahwa presentase pengantin Indonesia yang memilih konsep nuansa Islami ini meningkat 20 persen selama setahun terakhir.

Lantas seperti apakah pesta pernikahan dengan konsep ini?

Rina berkata bahwa konsep ini lebih kepada pernikahan ala Timur Tengah dan konsep yang lebih Muslimah.

“Sebenarnya, mereka yang memilih konsep nuansa Islami ini sendiri mengikuti Arab style atau bahkan, sampai ada pemisahan antara laki-laki dan perempuan,” ujarnya saat diwawancarai beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pemisahan tersebut tidak hanya pada tamu saja, tetapi terkadang klien dari konsep ini meminta agar pelayan, penyanyi, dan fotografer pun juga dipisah sehingga di bagian wanita tidak ada satupun pria dan di tempat pria juga tidak ada satu pun wanita.

Hal ini rupanya menjadi sebuah tantangan untuk para wedding organizer dan vendor pernikahan. Sebab, konsep ini memakan lebih banyak sumber daya manusia.

Maka dari itu, Rina pun menyarankan kepada pengantin yang menginginkan pesta pernikahan dengan konsep ini untuk lebih bekerjasama dengan para wedding organizer dan vendor.

“Jadi, lebih kepada konsepnya mau seperti apa sehingga jadi lebih jelas. Mau yang benar-benar Islami atau dipadu dengan konsep yang lebih modern,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com