Siap-siap Nikmati Kebahagiaan di Usia 23 dan 69 Tahun - Kompas.com

Siap-siap Nikmati Kebahagiaan di Usia 23 dan 69 Tahun

Kompas.com - 04/04/2017, 15:07 WIB
THINKSTOCK.COM Ilustrasi

KOMPAS.com -- Banyak orang beranggapan bahwa masa kejayaan berada pada saat masih muda. Namun, Anda juga bisa mendapatkan kejayaan di usia tua karena berbagai pengalaman dan sukacita dalam hidup.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dari London School of Economics and Political Sciences yang menyimpulkan bahwa rata-rata orang merasa paling bahagia di dua usia dalam hidup mereka, yaitu usia 23 tahun dan 69 tahun.

Hasil ini didapatkan setelah penelitian yang dipimpin oleh Centre of Economic Performance melakukan survei kepada 23.000 orang dewasa di Jerman yang masuk dalam kategori usia 17 hingga 85 tahun.

Selain mencari tahu mengenai kepuasan mereka dalam hidup, para peneliti juga meminta responden untuk memprediksikan kehidupan mereka lima tahun mendatang.

Menariknya, orang-orang yang sama diminta untuk mengisi survei kembali setelah lima tahun berlalu.

Berdasarkan hasil analisis para peneliti, tingkat kebahagian manusia membentuk kurva U dengan puncak tertinggi di usia 23 tahun dan usia 69 tahun.

Para peneliti memprediksi bahwa di usia 23 tahun, para responden pertama kali memasuki dunia kerja dan memulai karier mereka. Alhasil, mereka pun memiliki pandangan yang positif dan ambisius mengenai masa depan.

Sementara itu, di usia 69 tahun, para responden telah pensiun dan menemukan kehidupan baru setelah masa kerja.

Walaupun demikian, bukan berarti bahwa di antara usia 23 tahun dan 69 tahun Anda tidak akan bahagia.

Di antara kedua usia tersebut, Anda akan menemukan berbagai tantangan baru seperti promosi pekerjaan, membangun keluarga, atau bahkan membuat usaha baru.

Permasalahannya hanya tinggal bagaimana Anda akan menghadapinya, dengan optimistis atau pesimistis?


EditorShierine Wangsa Wibawa

Terkini Lainnya


Close Ads X