Ini Dia 6 Manfaat Hormon Testosteron di Tubuh Pria

Kompas.com - 05/04/2017, 07:25 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Testosteron adalah hormon kunci yang membedakan pria dengan wanita. Penelitian membuktikan, hormon khas pria ini bertanggungjawab lebih dari sekadar perbedaan biologis antara kedua jenis kelamin.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa testosteron dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah anemia pada pria di atas 65 tahun yang kekurangan testoteron.

“Setelah satu tahun pengobatan, pria di atas 65 tahun dengan tingkat testosteron yang rendah mengalami peningkatan kepadatan tulang secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo,” kata Dr Christina Wang, penulis studi.

“Masih diperlukan percobaan yang lebih besar dan lebih lama untuk menentukan apakah terapi testosteron juga bisa mengurangi risiko patah tulang,” imbuhnya.

Ada juga penelitian yang dilakukan tim dari LA BioMed yang bermitra dengan 12 pusat kesehatan di seluruh Amerika Serikat dan National Institute on Aging.

Tujuh rangkaian studi yang mereka lakukan menunjukkan fungsi-fungsi testoteron yang mungkin belum Anda tahu.

Membuat kehidupan seks jadi lebih baik

Penelitian mengatakan, hormon testoteron membantu pria dengan disfungsi seksual mendapatkan kembali ereksinya, plus meningkatkan hasrat seksual mereka.

Mengurangi risiko alzheimer

Pria dengan kadar hormon testoteron yang lebih tinggi dibanding pria lain, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Mereka juga memiliki memori verbal, kemampuan spasial dan penalaran matematika yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X