5 Tipe Orang yang Harus Ada dalam Jejaring Kerja

Kompas.com - 06/04/2017, 12:17 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Memiliki jejaring profesional bukan hanya memperluas koneksi tapi juga meningkatkan kesempatan kerja, bahkan membantu mengubah haluan karier.

Nasihat agar kita "membangun jejaring" sebenarnya masih terlalu umum. Banyak orang belum mengetahui siapa yang harus kita bangun hubungannya, di mana menemukannya, cukupkah hanya bertukar kartu nama, atau seberapa sering perlu melakukan kontak.

Memang tak ada rumus yang bisa berlaku untuk setiap orang. Namun, menurut Kathryn Minshew, CEO The Muse, setiap profesional bisa mendapatkan manfaat dari memiliki jaringan kerja yang terdiri dari 5 tipe orang ini.

1. Satu level
Siapa: Orang yang sama seperti Anda, bisa yang berada satu departemen atau dari perusahaan lain tapi memiliki jabatan dan job desk sama dengan Anda.

Jenis bantuan: Anda bisa berbagi ide, memberi masukan, atau hanya ngobrol santai seputar pekerjaan.

Cara membangun relasi: Mereka sehari-hari menghadapi tantangan dan tugas yang hampir sama dengan Anda. Ini sebabnya sangat mudah menjalin jaringan dengan mereka.

2. Orang luar
Siapa: Mereka adalah orang-orang yang terkait dengan pekerjaan Anda (satu industri tetapi beda job desk, atau memiliki posisi yang sama dengan Anda di industri berbeda).

Jenis bantuan: Mereka bisa memberi pendekatan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, serta memberi pandangan lebih luas pada pekerjaan Anda. Mereka juga bisa memberi saran yang tepat saat Anda ingin mengubah karier.

Cara membangun relasi: Mulailah dengan mengenal lebih dalam orang lain yang berbeda departemen di kantor Anda. Di luar kantor, mulailah luangkan waktu dengan teman atau temannya teman yang pekerjaannya menarik, bahkan berbeda jauh dengan posisi Anda. Jalin kontak dengan mereka saat Anda butuh informasi, misalnya minta rekomendasi vendor.

3. Senior
Siapa: Orang yang memiliki posisi (atau pekerjaan yang menurut Anda menarik) satu atau dua langkah di depan Anda.

Halaman:


Sumber LinkedIn
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X