Kompas.com - 06/04/2017, 21:06 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com --  Hari ini (6/4/2017), Kompas.com berkesempatan untuk mencoba PoundFit bersama Laila Munaf, Co-founder Sana Studio, di acara #Nutrischool oleh Nutrifood di Taman Kajoe, Jakarta.

Olahraga kardio yang berasal dari Amerika Serikat ini dapat membakar 700 kalori dalam satu jam bila dilakukan dengan tepat.

Kepada Kompas.com, Laila yang juga mempelopori fenomena Zumba di Indonesia bercerita bahwa dia baru mengenal dan membawa olahraga ini ke Indonesia pada tahun lalu.

“Kebetulan aku juga yang pertama kali bawa zumba ke Indonesia. Jadi kepikiran, apa lagi nih, sepertinya komunitasnya sudah siap untuk olahraga yang seru, mudah diikuti, dan tidak perlu kemampuan fitness yang bertahun-tahun sudah olahraga,” ucapnya.

Menggunakan dua stik yang disebut Ripstix, partisipan olahraga ini melatih kekuatan pusat tubuhnya (core), bahu, bisep, trisep, lengan, dan punggung dengan beban sekitar 113 gram.

Laila menjelaskan, olahraga kardio seperti Zumba memiliki dasar menari jadi otot yang digunakan lebih sedikit daripada PoundFit. Dari segi kalori, Anda mungkin tidak membakar sebanyak Zumba, tetapi dari segi pembentukan (otot), PoundFit lebih cepat.

Lalu, sama seperti olahraga kardio lainnya, PoundFit sebenarnya dapat diikuti oleh pria dan wanita.

“Namun, kalau di budaya kita, apapun yang berhubungan dengan musik kesannya wanita banget. Padahal, sebenarnya tidak,” kata Laila.

Bagi pria, PoundFit dapat membantu melatih otot-otot kecil yang sering kali terlupakan ketika membangun otot besar di gym.

Laila juga berkata bahwa otot-otot kecil itu perlu ada untuk mempercepat pembakaran dan metabolisme. Selain itu, kekuatan core yang baik juga akan membantu melindungi tulang belakang dan punggung agar tidak cedera ketika mengangkat beban berat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.