Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal PoundFit, Olahraga Kardio yang Bakar 700 Kalori

Kompas.com - 06/04/2017, 21:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com --  Hari ini (6/4/2017), Kompas.com berkesempatan untuk mencoba PoundFit bersama Laila Munaf, Co-founder Sana Studio, di acara #Nutrischool oleh Nutrifood di Taman Kajoe, Jakarta.

Olahraga kardio yang berasal dari Amerika Serikat ini dapat membakar 700 kalori dalam satu jam bila dilakukan dengan tepat.

Kepada Kompas.com, Laila yang juga mempelopori fenomena Zumba di Indonesia bercerita bahwa dia baru mengenal dan membawa olahraga ini ke Indonesia pada tahun lalu.

“Kebetulan aku juga yang pertama kali bawa zumba ke Indonesia. Jadi kepikiran, apa lagi nih, sepertinya komunitasnya sudah siap untuk olahraga yang seru, mudah diikuti, dan tidak perlu kemampuan fitness yang bertahun-tahun sudah olahraga,” ucapnya.

Menggunakan dua stik yang disebut Ripstix, partisipan olahraga ini melatih kekuatan pusat tubuhnya (core), bahu, bisep, trisep, lengan, dan punggung dengan beban sekitar 113 gram.

Laila menjelaskan, olahraga kardio seperti Zumba memiliki dasar menari jadi otot yang digunakan lebih sedikit daripada PoundFit. Dari segi kalori, Anda mungkin tidak membakar sebanyak Zumba, tetapi dari segi pembentukan (otot), PoundFit lebih cepat.

Lalu, sama seperti olahraga kardio lainnya, PoundFit sebenarnya dapat diikuti oleh pria dan wanita.

“Namun, kalau di budaya kita, apapun yang berhubungan dengan musik kesannya wanita banget. Padahal, sebenarnya tidak,” kata Laila.

Bagi pria, PoundFit dapat membantu melatih otot-otot kecil yang sering kali terlupakan ketika membangun otot besar di gym.

Laila juga berkata bahwa otot-otot kecil itu perlu ada untuk mempercepat pembakaran dan metabolisme. Selain itu, kekuatan core yang baik juga akan membantu melindungi tulang belakang dan punggung agar tidak cedera ketika mengangkat beban berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com