Kompas.com - 07/04/2017, 11:35 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Semua orang mungkin telah mengetahui manfaat tidur untuk mood dan pekerjaan. Namun, sebuah studi oleh American Center Society (ACS) mengusulkan bahwa tidur juga dapat meminimalkan risiko kanker prostat.

Studi ini didasarkan pada dua studi yang sudah ada sebelumnya untuk mempelajari korelasi antara pola tidur dan kesehatan.

Studi pertama dilaksanakan pada tahun 1950 hingga 1972 dan melibatkan 407.000 pria. Sementara itu, studi kedua dilaksanakan pada tahun 1982 hingga 2012 dengan 416.000 pria.

Dalam studi pertama, sebanyak 1.500 pria terkena kanker prostat selama masa penelitian. Angka ini meningkat hingga 8.700 pria dalam studi kedua.

Para peneliti kemudian menganalisa lebih lanjut untuk mencari faktor utama yang dapat berkolerasi dengan penyakit tersebut.

Ternyata, pria di bawah usia 65 tahun yang tidur hanya tiga hingga enam jam 55 persen lebih rentan untuk terkena kanker prostat daripada mereka yang tidur selama tujuh jam. Namun, korelasi tersebut tidak terlihat pada pria di atas usia 65 tahun.

ACS mengakui bahwa efek kausal antara tidur dan kanker prostat perlu dipelajari lebih lanjut, tetapi mereka juga menambahkan bahwa penelitian bisa menjadi bukti mengenai pengaruh tidur pada kanker prostat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.