Ini Sebabnya Otot Bahu Tetap Kecil dan Kurus

Kompas.com - 07/04/2017, 18:03 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Untuk memahami bagaimana membangun bahu yang lebih besar dari yang Anda miliki sekarang, simak cerita dari Ellington Darden, Ph.D., seorang mantan binaragawan profesional yang telah menulis begitu banyak buku tentang olah tubuh.

Cerita ini dikisahkan kepadanya oleh dua saksi mata, terjadi pada tahun 1948, di sebuah acara binaraga di Los Angeles.

Waktu itu, ada seorang pria berjalan ke lobi auditorium dengan bahu terbesar yang pernah mereka lihat.

Tapi, dua saksi mata ini tidak mudah terkesan, karena mereka adalah anggota Muscle Beach (klub binaraga dan atlet angkat berat). Meski demikian, mereka belum pernah melihat hal seperti itu sebelumnya.

Ketika orang berbahu besar itu melihat mereka menatapnya, dengan cepat dia berbalik dan menuju balkon.

Dari kejauhan, fisik orang tersebut tampak sebagai yang terbaik dari semua atlet yang ada di dalam gedung tersebut. Tapi, itu semua ilusi yang tercipta karena pria ini memakai tujuh lapis sweater.

Sebagai atlet angkat berat yang serius, mereka mengerti bahwa otot deltoid ( otot bahu) tidak pernah tumbuh di luar proporsi otot-otot lain yang terbangun dari atas batang tubuh ke arah dada, seperti otot latissimus dorsi (otot sayap terletak di bawah lengan, di dada bagian samping hingga perut atas bagian samping), trapezius (punggung belakang), bisep, trisep. Untuk mendapat bahu yang lebar dan tebal, perlu sangat banyak upaya.

“Kesalahan umum yang dilakukan banyak orang adalah mereka mencoba untuk melatih bahu dengan latihan isolasi atau hanya melatih bahu saja,” kata pelatih fitnes Alexander Juan Antonio Cortes dari mountaindogdiet.com.

“Padahal, bahu yang besar hanya bisa didapat jika Anda juga melatih anggota tubuh bagian atas lainnya."

Pertimbangan struktural

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X