Kompas.com - 07/04/2017, 19:05 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Dari sekian banyak target sukses yang Anda miliki, mungkin pernikahan bukanlah sesuatu yang ada di urutan teratas.

Sayangnya, menurut sebuah penelitian singkat yang dilakukan oleh Institute of Family Studies (IFS) di Australia, kehidupan karier, keuangan, seks, bahkan kesehatan pria dapat menjadi jauh lebih baik saat mereka berada dalam kehidupan pernikahan ketimbang saat melajang.

Penelitian tersebut menunjukkan, bahwa pria yang telah menikah memiliki semangat kerja yang lebih baik. Pria dinilai memiliki tujuan lebih jelas saat bekerja, yaitu membahagiakan keluarga.

Sehingga pria menikah cenderung bekerja lebih keras, lebih cerdas, dan berisiko lebih rendah untuk dipecat oleh perusahaan.

Pria menikah mendapatkan penghasilan 10 sampai 40 persen lebih besar ketimbang pria lajang. Saat pria menikah mencapai usia 50 tahun, mereka juga memiliki aset tiga kali lebih banyak ketimbang rekan-rekannya yang masih melajang.

Tak hanya soal karier dan penghasilan, 51 persen pria menikah juga melaporkan menjadi sangat puas dengan kehidupan seks mereka, dibandingkan dengan pria yang hanya tinggal bersama pasangan mereka (39 persen) maupun pria lajang (36 persen).

Peneliti menilai, keintiman yang lebih besar akan datang bersamaan dengan komitmen dengan satu pasangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan kata lain, pria akan merasa lebih puas secara seksual ketika mereka berada dalam hubungan jangka panjang.

Kehidupan karier, keuangan, dan seksual yang lebih baik akhirnya menjadi tambahan positif bagi kesehatan pria.

Pria yang menikah hidup sekitar 10 tahun lebih lama ketimbang pria yang belum menikah. Alasan utamanya ialah, karena pria menikah memiliki pasangan yang mendukung dan mengawasi kesehatan Anda dan mendorong Anda untuk lebih bertanggung jawab terhadap kesehatan.

Jenis dukungan ini ternyata juga ikut mempengaruhi kesehatan mental pria. Hampir dua kali lebih banyak pria yang sudah menikah dilaporkan menjadi sangat bahagia dengan kehidupannya ketimbang pria yang masih lajang atau berpasangan tanpa menikah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.