Kompas.com - 09/04/2017, 11:02 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Faktor kepribadian dan kemapanan bukan pertimbangan utama untuk wanita dalam mencari pasangan hidup. Sebab, sebuah studi mengungkapkan, hal pertama yang mencuri perhatian wanita adalah penampilan.

Penjelasan tersebut dirangkum dari sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Evolutionary Psychological Science.

“Hasil studi ini merupakan sinyal bahwa penampilan pria yang tidak menarik tidak bisa diterima oleh para wanita,” jelas Madeleine Fugere dari Eastern Connecticut State University, AS.

Studi juga menambahkan bahwa para ibu dari wanita yang berusia dewasa tidak terlalu mementingkan masalah penampilan pasangan putri mereka.

Hal ini dibuktikan bahwa para ibu ini masing menganggap pria yang memiliki wajah standar memiliki potensi lain yang bisa dibanggakan.

Sayang sekali, pemikiran serupa tidak diungkapkan oleh para responden wanita.

Responden wanita berusia dewasa, menurut hasil studi, masih mengutamakan penampilan untuk menjadi kekasih atau calon suami.

“Hasil studi ini berarti ada perbedaan antara cara pandang orangtua dan anak perempuan,” jelas Fugere.

Namun, orangtua dan responden wanita sama-sama sepakat bahwa kemampuan untuk menghargai sesama dan sikap bersahabat menjadi dua pertimbangan yang lebih penting dari penampilan.

Urutan pertimbangan soal pasangan untuk mayoritas responden wanita di mulai dari kualitas penampilan, karakter diri yang baik, dan bersahabat.

“Jelas bahwa faktor penampilan masih menjadi prioritas daripada hal-hal lain,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber news18


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.