Kompas.com - 09/04/2017, 14:22 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Para penikmat dan pecinta kopi biasanya akan merasa ada yang kurang dalam keseharian jika tidak minum kopi.

Umumnya, kopi dimanfaatkan banyak orang untuk menghilangkan rasa kantuk, tetapi tahukah Anda bahwa Anda manfaat kopi lainnya selain memberikan rasa sedap pada dahaga Anda. Berikut uraiannya:

Membantu lebih fokus saat kurang tidur
Menurut studi U.S. Army Research Institute of Environmental Medicine, 200 miligram kafein atau dua cangkir kopi dengan kandungan kafein sebanyak 95 miligram per cangkir, membantu anggota militer AS untuk mengasah memori dan fungsi otak menjadi lebih tajam.

Hasil studi menyimpulkan kopi bisa membantu Anda lebih fokus pada detail yang dibutuhkan oleh pekerjaan dan aktivitas Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menenangkan
Studi dari Seoul National University in South Korea mengungkapkan, Anda tak perlu meminum kopi untuk menenangkan rasa panik dan cemas dalam pikiran. Sebab, Anda hanya perlu menghirup atau mencium aroma kopi.

Penelitian yang dilakukan pada tikus ini memperlihatkan adanya pergerakan otak tikus menjadi lebih tenang ketika menghirup aroma kopi.

Melancarkan pencernaan
Washington post melaporkan studi yang mengatakan, tiga dari 10 orang menemukan bahwa kopi memiliki efek pencaharan yang bagus.

Kopi, menurut studi, bisa melancarkan pencernaan dengan menstimulasi kolon dari jarak jauh.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mic
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.