Kompas.com - 09/04/2017, 17:35 WIB
- -
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kecanduan minuman bersoda bisa menjadi masalah. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengenai bahaya akibat rutin minum minuman bersoda terhadap 3.256 relawan menyebutkan, 30 persen dari mereka yang mengonsumsi minuman bersoda minimal dua kali sehari mengalami kerusakan dan penurunan fungsi ginjal.

Beberapa studi juga telah lama mengaitkan kecanduan minuman bersoda dengan naiknya risiko obesitas dan diabetes.

Tapi masalahnya, minuman bersoda ini memang enak dikonsumsi. Tak heran banyak orang merasa jika belum meminumnya setiap hari, rasanya ada yang kurang.

Jika Anda termasuk di antara mereka yang merasa harus minum minuman bersoda setiap hari atau setidaknya setiap minggu, lebih baik segera hentikan kebiasaan itu demi kesehatan.

Inikah tips mudah menghentikan kebiasaan minum minuman bersoda, seperti dilansir oleh CNN.

Minum air

Ambil segelas air kapanpun keinginan minum minuman bersoda datang. Selain membantu Anda merasa kenyang, air juga sehat dan tidak menimbulkan perasaan bersalah sesudah meminumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air tidak harus tawar. Anda bisa menambahkan potongan buah segar seperti stroberi atau kiwi atau perasan lemon ke dalam air putih yang sudah didinginkan.

Minta dukungan

Minuman bersoda kerap dikonsumsi di saat-saat tertentu, misalnya ketika kumpul dengan teman-teman atau ketika menonton film di bioskop.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.