Kompas.com - 10/04/2017, 09:05 WIB
Ilustrasi. SyldaviaIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ada berita baik bagi Anda yang selama ini berperang dengan jerawat. Sebentar lagi mungkin akan ada vaksin pencegah jerawat.

Sekelompok ilmuwan dari University of California sedang meneliti vaksin untuk mengobati jerawat.

Peneliti utama, Eric C. Huang menjelaskan, karena projek mereka termasuk projek yang sulit untuk dilakukan, butuh waktu lama bagi timnya untuk dapat menciptakan vaksin yang efektif.

Huang mengatakan, "Sebagian jerawat disebabkan bakteri P. acnes yang memang ada di kulit di hampir sebagian besar waktu hidup kita.”

“Kami tidak bisa membuat vaksin sembarangan, karena ada jenis P. acnes yang baik untuk kita. Tapi, kami telah menemukan antibodi untuk melawan protein beracun yang disekresikan oleh P. acnes. Protein ini menyebabkan peradangan yang akhirnya menimbulkan jerawat," tambahnya.

Langkah selanjutnya adalah mengujicoba vaksin pada pasien dalam sebuah uji klinis. Ini bisa memakan waktu satu sampai dua tahun. "Setelah itu, jika kami berhasil, kulit kita akan bebas dari jerawat," kata Huang lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber Esquire
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.