Kompas.com - 11/04/2017, 21:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa


KOMPAS.com -- Survei telah berkali-kali menunjukkan bahwa dalam pasangan heteroseksual, pihak wanita cenderung melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga.

Kini, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa suami istri mengandalkan sistem memori, tepatnya memori istri, untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Berbeda dengan wanita, pria lebih sering melupakan tugas rumah tangganya, kecuali jika tugas tersebut lebih maskulin seperti memperbaiki pintu atau memasang perangkat eletronik, sehingga perlu sering untuk diingatkan.

“Tugas rumah tangga yang dikerjakan tanpa pamrih jarang datang dari ingatan pria,” kata Elizabeth Haines, profesor psikologi di Universitas William Paterson dan rekan penulis penelitian, dalam siaran pers.

“Studi menunjukkan bahwa pekerjaan rumah tangga kolektif lebih menguntungkan pria ketimbang wanita,” tambahnya.

Namun, penelitian ini tidak bisa menjadi bukti bahwa wanita suka mengomel.

Menurut para peneliti, mengomel dan mengingatkan adalah dua hal yang berbeda. Sebab, membantu pasangan untuk mengingat tusas mereka merupakan komitmen dalam menjalani peran sebagai suami istri.

Sementara itu, marah atau mengomel dimotivasi dari rasa kesal dan ingin menyindir pasangan yang jarang sumbang bantuan dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Buktinya, terlalu sering mengingatkan suami untuk membantu tugas domestik justru bisa merugikan wanita. Sebab, mengingatkan adalah tugas tambah di samping pekerjaan rumah tangga dan kantor mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Quartz
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.