Kompas.com - 12/04/2017, 10:05 WIB
Ilustrasi. JupiterimagesIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Bagi Anda yang memiliki beberapa masalah kulit, mungkin akan menggunakan berbagai jenis produk perawatan kulit secara bersamaan.

Jika ingin menghilangkan jerawat sekaligus mencegah keriput, kemungkinan Anda akan menggunakan dua produk kulit sekaligus, yaitu salep jerawat dan krim pelembab kulit.

Menurut dokter kulit asal Beverly Hills Michael Lin, MD, permasalahan yang paling umum dari penggunaan beberapa produk kulit sekaligus ialah masalah penyerapan.

Produk tertentu dapat membuat produk lainnya sulit terserap dalam kulit, sehingga penggunaannya menjadi tidak efektif.

Jika Anda ingin menerapkan beberapa produk perawatan kulit di waktu yang sama, Dr. Lin menyarankan untuk melihat tingkat kekentalan setiap produk.

“Gunakan produk dengan viskositas atau kekentalan paling rendah untuk pertama kali, biarkan kering, kemudian baru terapkan produk dengan kekentalan yang lebih,” katanya.

“Menerapkan produk dalam urutan yang salah juga dapat menghambat penetrasi dan penyerapan. Produk dengan kekentalan lebih tinggi dapat menghambat penetrasi produk lainnya.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memudahkan, Lin memberikan urutannya, yaitu serum digunakan paling pertama, kemudian gel, kemudian lotion, kemudian krim, dan terakhir salep.

Tetapi penyerapan bukan satu-satunya masalah potensial ketika Anda menggunakan beberapa produk kulit secara bersamaan.

Menggabungkan beberapa formula dengan bahan aktif yang berbeda juga dapat meningkatkan risiko iritasi kulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.