Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2017, 12:15 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Bagian organ vital pria, terutama testis, adalah salah satu kelemahan jika terkena benturan atau tendangan. Rasanya akan sangat sakit, bahkan ada yang menggambarkannya setara dengan nyeri melahirkan.

Ketika terjadi kontak dengan bagian testis, kebanyakan pria juga akan mengalami nyeri di bagian perut, walau benturannya tidak terjadi langsung di bagian tubuh itu.

Seorang vlogger YouTube, Simon Whistler yang memiliki channel 'Today I Found Out' mengungkapkan penjelasan biologi terkait anatomi testis pria.

Saat pembentukan testis ketika janin di kandungan, perkembangan itu terjadi di bagian bawah pinggang, di perut yang deket lambung dan ginjal.

Selama pubertas, testis akan turun, tetapi saraf dan pembuluh darah yang terhubung dengan bagian perut itu masih di lokasi yang sama. Ini berarti, saat pria ditendang bagian testisnya atau terjadi benturan keras, rasa sakitnya akan menjalar dari testis ke rongga perut melalui saraf. Sensasi sakitnya pun lebih hebat.

Rasa sakit tersebut bisa dibarengi dengan mual, ini terjadi karena dorongan masif pada sistem saraf pusat. Tergantung pada level toleransi rasa sakit, tapi kondisi ini pada sebagian besar pria akan menyebabkan mereka tak berdaya.

Pada kasus yang ekstrem, tendangan pada bagian testis juga menyebabkan masalah kesuburan dan operasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com