Kompas.com - 14/04/2017, 13:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com – Saat Anda sedang sibuk melakukan persiapan untuk pernikahan, seringkali hubungan Anda dan pasangan seakan dilanda berbagai masalah.

Salah satu masalah yang sering muncul adalah gerilya dari sang mantan kekasih. Terkadang tanpa disadari, mereka akan masuk kembali ke kehidupan kita. Bahkan, bisa kembali berhubungan intensif.

Lantas, bagaimana bila kita bertemu dengan mantan kekasih saat memersiapkan pernikahan?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Anna Dauhan S.Psi., M.Sc., seorang psikolog, sekaligus penulis Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan.

“Memang kita harus lihat dulu, apakah kita merasa deg-degan saat mantan muncul atau tidak?,” ujar Anna dalam peluncuran Buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta, Kamis (13/4/2017).

Dia melanjutkan, ketika Anda merasakan getaran di hati, maka ingat kembali apakah ada persoalan yang belum terselesaikan antara Anda dan mantan kekasih?

Jika memang ada yang belum diselesaikan, sebaiknya diselesaikan. Anna juga menekankan, bahwa sesuatu yang sudah lewat biasanya terlihat lebih positif di hadapan Anda ketimbang pasangan Anda saat ini.

Padahal, apa yang Anda lihat pada mantan kekasih belum tentu nyata seperti itu. Bukan tak mungkin saat Anda tergoda kembali dengan sang mantan, ternyata sikap dan perilakunya sebenarnya masih sama.

“Lihat lagi apakah Anda jatuh cinta pada momen yang dulu atau pada sosoknya yang ideal. Perlu diingat, (jika mantan muncul) harus berhati-hati agar tidak terbawa emosi,” jelasnya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.