Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arian “Seringai” Koleksi 7000 Vinyl, Bagaimana dengan Vincent Rompies?

Kompas.com - 14/04/2017, 14:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Menjadi seorang penggila vinyl atau piringan hitam tidak mudah. Selain harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari dan memilih-milih, uang yang dihabiskan untuk membeli rekaman musik tertua ini juga tidak sedikit.

Dalam acara peluncuran buku #GilaVinyl yang ditulis oleh vokalis Bangku Taman Wahyu Acum di Toko Buku Aksara Kemang, Jakarta, Rabu (12/4/2017), Kompas.com bertemu dengan dua orang penggila vinyl lainnya, yaitu vokalis grup Seringai Arian Arifin, dan Vincent Rompies.

Vincent berkata bahwa dedikasinya pada hobi tersebut membuatnya harus mengorbankan banyak waktu pribadi untuk liburan atau bersama keluarga. Bahkan, ketika sedang liburan bersama keluarga sekalipun, Vincent malah nyantol di toko vinyl hingga anak-anaknya marah.

Acum dan Arian pun memiliki pengalaman serupa. Mereka cukup sering menghabiskan waktu tiga hingga empat jam di toko vinyl untuk digging (mencari vinyl).

Kini, ketiganya telah mengumpulkan vinyl dalam jumlah yang luar biasa. Acum yang merupakan pecinta lagu-lagu dari era ’60-an hingga ’70-an telah memiliki 1000 plat berukuran tujuh inci.

Sementara itu, Arian menyimpan sekitar 6000 hingga 7000 plat yang berukuran 12 inci hingga satu inci di Jakarta. Dia juga masih memiliki koleksi lain yang dititipkan di rumah orangtua di Bandung. Koleksi Arian biasanya berasal dari era ’90-an atau berjenre punk rock.

Vincent, pengoleksi terbanyak di antara mereka tidak mau menyebutkan jumlah vinylnya.

Namun, hanya untuk pemutarnya saja, bassis untuk grup The Cashini telah mengumpulkan lebih dari 500 dan kurang dari 1000. Kebanyakan dari koleksinya berasal dari era ‘50-an hingga ‘60-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com