Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2017, 13:37 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kebahagiaan memang akan terus kita kejar sepanjang usia, tetapi kapankah sebenarnya puncak rasa bahagia kita sebaga manusia? Menurut sebuah studi, usia 23 tahun dan 69 tahun adalah masa ketika kita merasa paling bahagia.

Kebahagiaan hidup disebutkan mengikuti kurva berbentuk "U", yang akan terus mengalami penurunan setelah kita berumur 23 tahun lalu menjadi fase mendatar di usia dewasa, lalu naik kembali di usia pertengahan.

Demikian kesimpulan peneliti dari London School of Economics yang mewawancara 23.000 orang dewasa di Jerman berusia 17-85 tahun. Mereka ditanya tentang tingkat kebahagiaan dan juga tentang apa yang akan mereka rasakan dalam lima tahun.

Kemudian, 5 tahun kemudian para responden itu ditanya lagi tentang tingkat kebahagiaannya.

Hasil penelitian itu mungkin akan bias karena orang muda cenderung berlebihan memperkirakan kebahagiaannya di masa datang. Sebaliknya, orang berusia lanjut justru meremehkan tingkat kebahagiannya.

Sebagai contoh, di usia tua, para responden memprediksi level kebahagiaan mereka akan datar, sementara kenyataannya justru meningkat.

Kabar baiknya, kebahagiaan adalah sesuatu yang bisa kita upayakan. Misalnya, memiliki hubungan yang romantis dengan pasangan. Studi menyimpulkan, orang yang sering berhubungan seksual cenderung lebih bahagia.

Yang harus diingat, bukan hubungan seksnya yang mendatangkan kepuasan, tetapi waktu yang dihabiskan untuk saling menunjukkan rasa cinta dan perasaan setelah bercintalah yang meningkatkan rasa bahagia.

Bila Anda masih melajang, meluangkan waktu bersama orang terdekat, bisa sahabat atau keluarga, juga dapat mendongkrak level hormon cinta atau oksitosin di otak.

Cara lain untuk meraih bahagia adalah dengan menjaga gaya hidup sehat. Rutin berolahraga terbukti menurunkan kadar stres dan meningkatkan rasa puas. Sementara menjaga pola makan juga membuat kita lebih bersyukur pada rahmat kesehatan yang diberi Tuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com