Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2017, 12:15 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu keluhan utama pasien kanker adalah rasa nyeri. Hal yang sama juga dialami artis peran Julia Perez alias Jupe yang pada akhir Maret lalu dikabarkan menjalani operasi untuk meredakan nyeri akibat kanker serviks yang dideritanya.

"Dia setiap hari merasakan sakit yang luar biasa," ujar Nia Anggia, adik Jupe. Menurutnya, Jupe sering mengeluh kesakitan pada bagian kaki, punggung, dan perutnya.

Tidak setiap pasien kanker akan mengalami nyeri, tapi 1 dari 3 orang yang menjalani terapi kanker memiliki keluhan sakit. Bila kankernya sudah menyebar atau kambuh kembali setelah terapi, rasa nyerinya bahkan lebih hebat lagi.

Menurut Prof.Andrijono, Sp.OG(K), karena rasa sakit yang dirasakannya, pasien kanker akan mengalami rasa mual dan susah tidur. "Jadi bukan karena dikemoterapi dia mual, tapi bisa berasal dari rasa nyerinya," ujar dokter dari RSCM Kencana Jakarta ini.

Ia mengatakan, rasa nyeri bisa berasal dari kanker itu sendiri atau pertumbuhan dan kerusakan yang ditimbulkannya pada jaringan dekat kanker.

"Sel kanker itu seperti menggigiti bagian-bagian tulang. Sakitnya tentu luar biasa, kalau tulang dipencet saja sakit apalagi seperti digigit-gigit dan ini bisa berlangsung 24 jam," ujarnya.

Semakin tumor membesar, juga akan menyebabkan tekanan pada saraf, tulang atau pun organ, sehingga menyebabkan neyri.

Ada banyak cara untuk mengurangi rasa nyeri akibat kanker. Salah satunya adalah mengangkat sumber nyerinya, misalnya lewat operasi, kemoterapi, radiasi, atau terapi kanker lainnya.

Jika upaya tersebut tidak dapat dilakukan biasanya dokter akan memberikan obat-obatan pengontrol nyeri.

"Dokter akan memberikan antinyeri, bisa pakai morfin dan sebagainya. Kalau tidak mempan juga baru dilakukan operasi untuk mematikan saraf-sarafnya. Ini cukup efektif," papar Andrijono.

Operasi untuk mematikan saraf tersebut bertujuan agar sinyal nyeri dari saraf tidak bisa diterima oleh otak.

Terapi lain yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri adalah akupuntur, akupresur, pijat, relaksasi, meditasi, dan juga humor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com