Pakai Aplikasi Ponsel, Pria Ini Berhasil Turunkan 80 Kilogram

Kompas.com - 18/04/2017, 16:07 WIB
Chuck Gowing Chuck Gowing
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Pada puncaknya, berat badan Chuck Gowing mencapai 158, 8 kilogram. Ketika Gowing melihat rekan sekantornya mengalami serangan jantung, pria asal Florida, Amerika Serikat, ini mulai mempertanyakan kesehatannya sendiri.

Namun, kejadian yang memicunya untuk benar-benar berjuang menurunkan berat badan terjadi ketika dia sedang berada di pesawat terbang. Lingkar perut Gowing yang terlalu besar membuatnya harus menelan rasa malu dan meminta sabuk pengaman sambungan.

Sejak hari itu, Gowing pun mencatat semua makanan dan kalorinya menggunakan aplikasi yang Lose It!, walaupun dia sendiri merasa pesimis bahwa usahanya kali ini akan berhasil.

Sebab, Gowing telah berkali-kali mencoba untuk menurunkan berat badan dengan mengikuti program diet Weight Watcher, berhenti makan karbohidrat, dan kadang kala berpuasa. Akan tetapi, semua usaha tersebut gagal atau berat badannya kembali melonjak setelah berhenti.

Siapa sangka bahwa hanya dengan menyadari pemasukan kalorinya, Gowing mulai belajar untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat. Dia berhenti memakan pizza, bagel, dan pretzel yang tinggi karbohidrat, kalori, dan lemak.

Gowing bahkan berkata bahwa kini dia lebih suka makan buah, sayur, kacang-kacangan, dan produk susu daripada makanan-makanan tersebut. Lalu, untuk memastikan dan mengontrol semua hal yang masuk ke dalam tubuhnya, dia juga mulai belajar memasak.

Kini, berat badan Gowing berkurang setengahnya menjadi 80 kilogram. Setiap hari, dia berjalan atau berlari sejauh 10 kilometer dan makan tiga kali sehari dengan dua kali istirahat untuk makanan ringan.

Kepada orang-orang yang juga memiliki pengalaman sama dengannya dan ingin menurunkan berat badan, Gowing memiliki satu nasihat.

“Ingin makan keluar? Cek menunya di internet terlebih dahulu dan buat keputusan sebelum Anda tiba di sana. Bahkan, jika Anda disodori menu, jangan membukanya. Ingat, Anda telah membuat keputusan,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber askmen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X