Kompas.com - 19/04/2017, 11:07 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com – Menjelang hari pernikahan, biasanya para wanita akan sibuk untuk mengurus diri dengan melakukan perawatan dan datang ke dokter spesialis kulit.

Jangan salah, menurut dr Ariana Suryadewi Soejanto M.Biomed (AAM), seorang dokter kecantikan, dalam peluncuran buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan di Jakarta, Kamis (13/4/2017), ternyata pria juga perlu melakukan perawatan kulit menjelang pernikahan.

“Tidak hanya wanita, tetapi pria juga perlu memeriksakan kesehatan kulit dan melakukan perawatan untuk persiapan hari pernikahan, setidaknya enam bulan sebelum hari pernikahan,” ujarnya.

Dokter Ariana berkata bahwa perawatan wajah pra-nikah untuk pria akan disesuaikan dengan kasus dan tipe kulit masing-masing, apakah masalahnya ada pada warna kulit yang tidak merata, jerawat, atau lainnya.

Namun, keefektifan perawatan kulit tentu membutuhkan waktu sehingga dia pun menyarankan untuk tidak melakukan perawatan dengan waktu yang mepet.

“Jangan terlalu mepet dengan hari H (pernikahan), kadang ada treatment yang membutuhkan waktu pemulihan lama, misalnya pada kasus yang terlalu sering mencoba berbagai produk,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.