Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Penting untuk Wanita, Kepribadian atau Penampilan?

Kompas.com - 19/04/2017, 14:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Cakep itu enggak penting, yang penting orangnya baik dan bertanggung jawab.

Pernah dengar kalimat di atas? Itu adalah jawaban klise para wanita ketika ditanya mengenai tipe pria yang dicarinya. Ya, klise, karena kenyataannya wanita tetap mementingkan penampilan.

Sebuah studi terbaru menemukan hal ini setelah meminta 80 anak perempuan dan 61 ibu untuk menyeleksi calon pasangan untuk sang anak perempuan melalui foto.

Untuk mempelajari hal ini, para peneliti memberi mereka tiga foto yang telah dikategorikan menjadi menarik, cukup menarik, dan tidak menarik dalam studi sebelumnya.

Setiap foto juga disertai satu set karakter kepribadian yang dalam studi sebelumnya telah digolongkan menjadi sangat diinginkan (sopan, dapat dipercaya, dan jujur), diinginkan (ramah, bisa diandalkan, dan dewasa), dan cukup diinginkan (sikap yang menyenangkan, ambisius, dan cerdas).

Studi ini menunjukkan bahwa tampilan fisik seorang pria menjadi seleksi awal bagi wanita. Jika pria tersebut dinilai cukup tampan, maka dia bisa masuk ke tahap selanjutnya untuk dipertimbangkan kepribadiannya.

Madeleine Fugère, Profesor dari Psikologi Sosial di Eastern Connecticut State University dan penulis studi ini, mengatakan, bila pria dianggap cukup menarik, maka kepribadiannya menjadi penting untuk wanita.

Namun, jika pria tersebut dianggap tidak menarik, maka kepribadiannya menjadi tidak penting untuk wanita.

Sayangnya, kebanyakan wanita meremehkan penilaian mereka terhadap penampilan seorang pria. Sebaliknya, pria justru lebih sadar bahwa penampilan wanita lebih penting bagi mereka daripada kepribadiannya, ucap Fugere.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com