Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Garam Bukan Bikin Anda Haus tetapi Lapar

Kompas.com - 19/04/2017, 16:09 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

Sumber menshealth

KOMPAS.com -- Perkiraan bahwa makanan yang asin-asin dan kaya sodium akan membuat Anda kehausan telah lama oleh masyarakat. Namun, nyatanya belum ada studi yang mengaitkan keduanya secara langsung hingga sekarang.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation, para peneliti pada awalnya hanya sekadar ingin tahu berapa banyak air yang dibutuhkan oleh astronot ketika melakukan perjalanan ke planet Mars.

Mereka lalu melakukan sebuah simulasi dengan menggunakan 10 volunter yang melakukan “perjalanan” ke Mars selama 105 hari dan 205 hari.

Para peneliti lalu memberi mereka makanan yang sama dengan kadar keasinan yang berbeda-beda selama beberapa minggu.

Seperti yang diduga selama ini, para "astronot" yang mengonsumsi banyak garam juga lebih banyak kencing. Namun, bukannya dehidrasi, hal ini justru membuat ginjal lebih banyak menyimpan air.

Mekanisme tersebut juga menghabiskan lebih banyak kalori sehingga para "astronot" yang memiliki pola makan asin lebih cepat kelaparan.

Para peneliti kemudian mengonklusikan bahwa garam tidak membuat Anda kehausan, tetapi kelaparan.

Akan tetapi, banyak orang yang mengira bahwa rasa kelaparan setelah makan makanan yang asin hanyalah kehausan sehingga terjadilah mitos bahwa garam membuat Anda kehausan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com