Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Foto Keren untuk Profil di Media Sosial

Kompas.com - 20/04/2017, 13:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Memilih foto profil yang tepat sesuai dengan platform media sosialnya sangat krusial. Dengan foto yang keren, meski tidak bertemu langsung orang akan mendapat gambaran kepribadian kita.

Biasanya kita akan memilih foto yang dianggap paling menarik dan keren. Tapi, pilihan subjektif itu seringkali kurang menarik di mata orang lain. Apalagi jika kita melakukan editing terlalu banyak sehingga jauh dari penampilan aslinya.

Kabar baiknya, ada cara yang efektif untuk menentukan mana foto yang paling tepat dipasang di profil kita. Caranya, tanyakan pada orang asing untuk memilih satu foto terbaik dari beberapa foto yang kita simpan.

"Orang yang tidak kenal dekat dengan kita secara konsisten akan memilih foto yang paling menarik dibanding dengan foto yang kita pilih sendiri," kata David White, peneliti bidang psikologi dari Universitas New South Wales, Sydney, Australia.

Ia mengatakan, sangat penting memilih foto profil yang tepat sesuai dengan jenis medianya. Foto profil untuk situs pencarian kerja tentu berbeda dengan foto media sosial yang isinya hanya teman-teman dekat, atau foto profil di situs kencan.

White dan timnya melakukan penelitian dengan melibatkan 100 mahasiswa. Para responden diminta memilih 12 foto terbaiknya dari galeri di media sosial, termasuk Facebook, Instagram, dan Flickr. Kemudian, mereka diminta memilih foto yang akan mereka pajang sebagai profil di Facebook, LinkedIn, dan Match.com.

Selanjutnya, para mahasiswa itu diminta melakukan tugas yang sama, tetapi memilih foto orang lain dengan jenis kelamin yang sama.

Pada fase kedua studi itu, peneliti menggunakan situs crowdsourcing untuk mengundang orang-orang memberi impresi pada foto yang sudah dipilih. Para partisipan diminta memberi peringkat foto mana yang paling menarik, apakah yang pilihan responden sendiri atau foto pilihan orang lain.

Ternyata, foto profil yang dipilihkan orang lain paling banyak mendapatkan pujian dan dianggap paling tepat sesuai dengan jenis medianya.

White mengatakan, orang cenderung menganggap dirinya lebih positif dibanding orang lain. Pandangan tersebut membuat kemampuan mereka memilih foto yang memang benar-benar menarik di mata publik kurang tepat.

Selain itu, orang asing juga cenderung lebih baik dalam memilih foto otentik yang menangkap penampilan terkini seseorang dibanding subjek itu sendiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com