Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/04/2017, 16:35 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Keringat berlebih hingga meninggalkan noda di baju tentu sangat mengganggu penampilan. Apalagi, jika Anda harus bertemu dengan klien penting, kemeja basah karena keringat akan menurunkan rasa percaya diri.

Secara ilmiah, kondisi ini dikenal sebagai hiperhidrosis dan memengaruhi sekitar 5 persen orang di seluruh dunia. Jadi, Anda tidak sendiri.

Tidak terbatas pada ketiak, keringat yang sangat banyak juga bisa muncul di berbagai daerah yang tak diinginkan, seperti dada, punggung, wajah, dan selangkangan.

Meski cuaca panas dan hormon di luar kendali kita, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah keringat membanjiri tubuh.

Jika Anda berkeringat sepanjang hari, kemungkinan deodoran biasa tak bisa mengatasinya. Anda membutuhkan antiperspirant khusus dengan resep dokter, yang menggunakan aluminium klorida untuk memblokir kelenjar keringat, sehingga keringat diserap kembali oleh tubuh.

Pilihlah pakaian yang tipis dan berbahan katun, agar kulit tetap bisa bernapas. Selain itu memakai t-shirt di dalam kemeja Anda juga bisa membantu menahan keringat membasahi kemeja.

Masalah lain yang bisa menyebabkan keringat berlebih adalah makanan. Kafein dan makanan pedas bisa memicu keringat, jadi ada baiknya batasi konsumsi makanan kaya rempah.

Pada kasus hiperdrosis yang lebih parah, suntikan Botox bisa digunakan untuk memblokir sinyal dari otak yang memberitahu tubuh untuk mengeluarkan keringat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com