Kompas.com - 22/04/2017, 20:00 WIB
Ahmad Albar menggendong putrinya yang baru lahir didampingi sang istri, Dewi Sri Astuti, di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Selasa (11/4/2017). Dok Pribadi/FacebookAhmad Albar menggendong putrinya yang baru lahir didampingi sang istri, Dewi Sri Astuti, di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Selasa (11/4/2017).
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Vokalis grup band God Bless Ahmad Albar dikaruniai anak ketiga di usia 70 tahun. Ia masuk dalam deretan para ayah yang kembali menimang bayi di usia tak muda lagi.

Beberapa nama terkenal lain yang juga memiliki bayi di usia tua antara lain rocker gaek Mick Jagger yang mendapat anak ke-8 di usia 73 tahun.

Pria boleh dibilang adalah penghasil keturunan seumur hidup. Berbeda dengan wanita yang kemampuan reproduksinya mulai menurun di usia 35 tahun dan akhirnya menopause di usia 50-an, pada pria hal itu tak berlaku. Kaum adam masih tetap bisa membuahi sel telur sampai tua.

Alasannya tentu saja sperma. Tak seperti sel telur yang jumlahnya sedikit, setiap 16 hari sekali tubuh pria akan memproduksi sel sperma baru dan tentu saja kuat.

Dengan sepasukan sel-sel sperma yang selalu baru itu kemampuan untuk mencapai sel telur akan terus bisa dilakukan meski pria sudah memasuki usia 60-an, bahkan di atas 70 tahun.

Jadi, bolehkah pria menunda memiliki anak? Tunggu dulu, ayah yang berusia tua memiliki konsekuensi kesehatan pada bayinya. Demikian juga bila usia seorang ibu terlalu tua saat hamil.

Risiko penyakit bawaan pada bayi akan meningkat dibanding pada orangtua yang masih berusia 20-30 tahun. Selain Down syndrome, risiko lain adalah kelainan genetik, gangguan jiwa, dan bayi lahir prematur dan berat badan rendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Risiko kelainan tersebut timbul dari siklus 16 hari pembaruan sperma, misalnya saja sebagian sel sperma mengalami mutasi yang kemudian diteruskan pada pembuahan.

Baru menjadi ayah di usia pertengahan juga berarti stamina dan penampilan fisik yang menurun. Jangan heran jika orang akan mengira balita yang Anda gendong sebagai cucu karena rambut Anda yang mulai memutih.

Tetapi, banyak juga sisi positif menjadi ayah di usia matang. Misalnya saja kemampuan finansial yang lebih baik, karier yang mapan sehingga punya waktu lebih banyak untuk keluarga, dan lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.