Takaran Aman Konsumsi Kafein

Kompas.com - 25/04/2017, 12:08 WIB
Ilustrasi Kopi. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi Kopi. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Bila keinginan ngopi sudah memanggil, biasanya pecinta kopi sering lupa untuk memperhatikan batas aman untuk minum kopi. Padahal, takaran kafein yang dikonsumsi perlu diperhatikan agar kesehatan tak terganggu. 

Batas aman konsumsi kafein menurut studi terbaru ternyata adalah 400 miligram kafein atau sekitar empat cangkir kopi perhari.  Namun, untuk ibu hamil disarankan tak lebih dari tiga cangkir perhari.

Demikian menurut sebuah temuan yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, yang telah meninjau 740 studi tentang efek kafein pada manusia.

“Kami menyimpulkan bahwa jika kadar asupan kafein tidak berlebihan, tidak ada efek samping bagi kesehatan,” kata penulis penelitian, Dr Eric Hentges, executive director of the International Life Sciences Institute (ILSI).

Konsumsi kafein yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari kegelisahan, sulit tidur, hingga gagal jantung.

Tidak hanya itu, konsumsi kafein secara berlebihan pun dapat menimbulkan efek lainnya. Seperti memengaruhi kesehatan pada tulang, otak dan reproduksi.



Sumber Dailymail
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X